No image available for this title

Text

Hubungan skor khorana dan kadar P-selectin dengan kejadian trombosis vena dalam pada pasien kanker di RSUP Dr. Kariadi Semarang



Latar Belakang: Pasien-pasien kanker mempunyai resiko tinggi terhadap kejadian trombosis vena dalam (TVD). Parameter klinis dan laboratoris berperan penting menentukan resiko TVD, dimana sebuah studi (CATS) telah menyusun stratifikasi resiko TVD pada pasien kanker yaitu skor khorana. Suatu biomarker baru, P Selectin, mulai banyak diteliti sebagai prediktor TVD.
Tujuan : Untuk mencari peranan skor khorana dengan biomarker P selectin sebagai prediktor kejadian TVD pada pasien kanker baik sebelum dan sesudah kemoterapi pertama.
Metode : Studi kohort prospektif ini dilakukan selama 3 bulan pada 40 pasien kanker yang baru terdiagnosis, dan akan menjalani kemoterapi pertama. Dilakukan penilaian skor khorana saat awal, dan pengambilan darah sebelum dan sesudah kemoterapi.
Hasil : Didapatkan kejadian TVD pada 5 sampel (12.5%) dari keseluruhan sampel.Jenis tumor terbanyak: kanker rekti (25%), kolon (20%), serviks (15%). Dari analisis statistik kadar P selectin signifikan sebagai prediktor TVD dengan Cut Off Point post kemoterapi (111.7 ng/ml) dengan Odds Ratio 8.7. Gabungan skor khorana dan P selectin didapatkan hasil yang bermakna pre (p=0.004) dan post (p=0.021).
Kesimpulan : Gabungan skor khorana dan P selectin berperan sebagai prediktor TVD pada pasien kanker.
Kata kunci : trombosis vena dalam, kanker, kemoterapi, skor khorana, P Selectin


Ketersediaan

163/FKUD/TS/2017616 BAR hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 BAR h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this