No image available for this title

Text

Hubungan resistensi insulin dengan kadar insulin like growth factor-1 (IGF-1) plasma pada kanker payudara (Pasien rawat inap RSUP Dr. Kariadi)



Latar Belakang : IGF-1 berperan dalam karsinogenesis yang berhubungan dalam menjembatani ambilan energi yang tinggi, peningkatan proliferasi sel, dan supresi apoptosis hingga risiko kanker, dimana telah menjadi kunci mekanisme yang menjembatani antara resistensi insulin dan kanker. Kadar IGF-1 terkait dengan kanker payudara dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti obesitas (BMI dan waist circumference) dan aktivitas fisik yang rendah. Obesitas dan kurangnya aktivitas fisik merupakan penentu dari hiperinsulinema dan resistensi insulin. Hiperinsulinemia dapat menjadi faktor suatu kondisi kronis seperti diabetes melitus tipe 2, obesitas, dan bentuk tertentu dari kanker, termasuk kanker payudara.Kanker payudara merupakan kanker yang sering terjadi pada wanita.Hubungan resistensi insulin dalam mempengaruhi kadar IGF-1 plasma kanker payudara belum sepenuhnya jelas.
Tujuan : Mengetahui hubungan resistensi insulin dengan kadar IGF-1 plasma pada kanker payudara.
Metode : Penelitian secara belah lintang melibatkan 34 orang yang menderita kanker payudara. Diagnosis kanker payudara berdasarkan gambaran histopatologi. Semua responden belum menjalani kemoterapi. Variabel terikat adalah kadar IGF-1 plasma dan variabel bebas resistensi insulin yang diukur dengan IMT, lingkar pinggang dan HOMA-IR. Pemeriksaan IGF-1 plasma dilakukan dengan metode ELISA. Hubungan antar variabel dilakukan dengan analisa bivariat dan multivariat.
Hasil : Pada analisis bivariat, tidak terdapat hubungan antar IMT dengan dengan kadar IGF-1 plasma (p=0,355). Pada analisis bivariat, tidak terdapat hubungan antara lingkar pinggang dengan kadar IGF-1 plasma (p = 0,125). Pada analisis bivariat, tidak terdapat hubungan antara HOMA-IR dengan kadar IGF-1 plasma (p=0,458).
Simpulan : Pada penelitian ini menunjukkan bahwa resistensi insulin tidak memiliki hubungan terhadap IGF-1 pada penderita kanker payudara.
Kata Kunci : IGF-1, Resistensi Insulin, Kanker payudara, Semarang


Ketersediaan

164/FKUD/TS/2017616 YES hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 YES h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this