No image available for this title

Text

Prevalensi dan faktor-faktor risiko infeksi clostridium difficile pada pasien diare di Rumah Sakit di Jawa Tengah



Latar Belakang: Selama dua dekade terakhir infeksi Clostridium difficile (CDI), yang sering bermanifestasi sebagai diare, telah banyak dilaporkan. Namun di Indonesia angka kejadian CDI belum pernah dilaporkan. Faktor risiko tradisional yang berkaitan CDI seperti paparan antibiotik, lama perawatan, usia lanjut perlu diketahui supaya kejadian CDI dapat dicegah dan diatasi sejak dini.
Tujuan: Untuk menjelaskan faktor-faktor risiko yang berpengaruh terhadap kejadian CDI di rumah sakit di Jawa Tengah
Metode: Penelitian cross-sectional terhadap semua pasien diare dilakukan di empat rumah sakit di Jawa Tengah pada Juli hingga Desember 2014. Sampel feses diambil dan diuji menggunakan C.diff Quik Chek Complete EIA kit. Sampel yang dianggap CDI adalah sampel yang positif antigen dan toksin. Selanjutnya dicari faktor risiko yang mempengaruhi kejadian CDI.
Hasil: Terdapat 328 sampel yang memenuhi kriteria inklusi, dimana 23 sampel (7,01%) merupakan CDI. Tujuh dari 23 sampel tersebut merupakan CDI yang didapat dari komunitas. Hasil uji chi-square menunjukkan variabel yang memiliki hubungan bermakna dengan kejadian CDI adalah lama perawatan di rumah sakit (RP = 0,178; 95%CI = 0,07 – 0,48; p = 0,002), pemakaian antibiotik (RP = 16,13; 95%CI = 2,2 – 121,2; p = 0,001) dan lama penggunaan antibiotik (RP = 0,11; 95%CI = 0,04 – 0,3; p = 0,001). Sedangkan jenis kelamin, usia, ruang rawat, obat penekan asam lambung, tindakan pada saluran cerna adalah variabel yang tidak memiliki hubungan bermakna. Dari analisis multivariat dengan uji regresi logistik didapatkan variabel lama pemberian antibiotik sebagai faktor risiko independen terhadap kejadian CDI.
Kesimpulan: Prevalensi CDI di Jawa Tengah cukup tinggi. Terdapat beberapa faktor risiko yang berpengaruh terhadap kejadian CDI di rumah sakit di Jawa Tengah yaitu lama perawatan, pemakaian antibiotik dan lama penggunaan antibiotik.
Kata Kunci: faktor risiko, diare, infeksi Clostridium difficile


Ketersediaan

166/FKUD/TS/2017616 TAU pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 TAU p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this