No image available for this title

Text

Hubungan antara kadar asam urat dan magnesium dengan kadar NT-proBNP : Studi pada penyakit ginjal tahap akhir dengan hemodialisis kronik



Latar belakang Penyakit kardiovaskular penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada penyakit ginjal tahap akhir (PGTA) dengan hemodialisis (HD). Kadar asam urat (AU) dan magnesium (Mg) serum merupakan prediktor risiko mortalitas kardiovaskular pada PGTA dengan HD. N-terminal pro-B-type natriuretic peptide (NT-proBNP), petanda jantung yang juga prediktor risiko mortalitas kardiovaskular pada PGTA.

Tujuan Membuktikan adanya hubungan antara kadar asam urat dan magnesium dengan kadar NT-proBNP pada PGTA dengan HD kronik.

Metoda penelitian Penelitian observasional analitik dengan pendekatan potong lintang dilaksanakan pada November 2016-Januari 2017 di RSUD Tugurejo. Sampel diambil secara konsekutif sebelum hemodialisis pada pasien PGTA dengan HD kronik. Kadar AU diperiksa dengan metoda fotometrik enzimatik, kadar Mg diperiksa dengan metode kolorimetrik calmagite-end point, dan kadar NT-proBNP diperiksa dengan menggunakan metoda sandwich ELISA. Analisis data dengan uji korelasi Pearson.

Hasil Terdapat hubungan antara kadar AU dengan kadar NT-proBNP ditunjukkan dengan nilai r=0,843; p=0,000, sedangkan antara hubungan antara kadar Mg dengan kadar NT-proBNP ditunjukkan dengan nilai r=-0,569; p=0,000.

Simpulan: Terdapat hubungan positif sangat kuat antara kadar AU dengan kadar NT-proBNP dan hubungan negatif sedang antara kadar Mg dengan kadar NT-proBNP pada pasien PGTA dengan hemodialisis kronik.

Kata kunci: asam urat, magnesium, NT-proBNP, penyakit ginjal tahap akhir, hemodialisis.


Ketersediaan

172/FKUD/TS/2017611.018 YEN hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.07 YEN h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this